Santriwati ICBS Payakumbuh Kunjungan Edukasi ke BBPOM di Padang
15 Maret 2023 14:51
Berita Aktual

PADANG - Rombongan santriwati mengenakan seragam bernuansa abu-abu dan putih memasuki ruangan Aula Arafah yang terletak di lantai tiga kantor Balai Besar POM (BBPOM) di Padang, mereka adalah santriwati Insan Cendekia Boarding School (ICBS) Payakumbuh. Kedatangan rombongan ini ke BBPOM di Padang dalam rangka kunjungan edukasi terkait pengawasan obat dan makanan (14/03).

Kunjungan rombongan ini langsung disambut oleh Kepala BBPOM di Padang, Abdul Rahim yang dalam sambutannya menjelaskan tentang Badan POM secara umum, pengawasan yang dilakukan BBPOM di Padang sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM, komiditi yang diawasi termasuk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen makanan dan pangan olahan.

“Adik-adik santriawati ICBS teruslah semangat dalam belajar, silahkan nanti disimak dengan baik materi yang disampaikan, harus selalu aware dalam penggunaan obat dan makanan, pastikan selalu untuk Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa) sebelum memutuskan membeli produk obat dan makanan”, papar Abdul Rahim dalam sambutanya.

Insan Cendekia Payakumbuh merupakan lembaga pendidikan pesantren terpadu yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia dengan dua jenjang pendidikan yaitu SMP dan SMA. ICBS Payakumbuh merupakan sekolah berasrama yang memadukan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Salah satu program dari ICBS adalah melakukan kunjungan edukasi yang diharapkan untuk menambah wawasan dan memberikan pengalaman baru santri/santriwati sebagai bekal dalam menggapai cita-cita. Total rombongan yang hadir sebanyak 105 santriwati didampingi langsung oleh Pimpinan ICBS, Ustadz Toland bersama 10 guru pendamping lainnya.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BBPOM di Padang yang telah menyambut kami dengan baik, berbagi informasi dan edukasi terkait obat dan makanan yang membuka wawasan para santriwati yang hadir dan semoga nantinya dari santriwati ini bisa menjadi bagian dari BBPOM di Padang” papar Toland dalam sambutannya.

Selanjutnya pemaparan materi secara rinci seputar pengawasan obat dan makanan disampaikan oleh narasumber, Legafatman selaku Pengawas Famasi dan Makanan (PFM) Ahli Madya BBPOM di Padang. Santriwati sangat antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh santriawati dan terjalin diskusi seputar obat dan makanan. Melalui paparan yang disampaikan ini, diharapkan santriwati mendapatkan gambaran mengenai pengawasan obat dan makanan yang dilakukan oleh BBPOM di Padang.  (EDP)