Tingkatkan Keamanan Pangan Desa dengan Bimtek Kader

11-06-2024 Padang Dilihat 288 kali

Salah satu penyebab penyakit pada masyarakat adalah kurang terjaminnya keamanan pangan yang dikonsumsi. Untuk mewujudkan keamanan pangan, Balai Besar POM di Padang melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai keamanan pangan kepada kader-kader desa yang telah terpilih untuk kemudian dapat diaplikasikan kepada masyarakat. Bimtek kader pada tanggal 05-06 Juni 2024 dilaksanakan di Aula Camat Pauh Duo dengan menghadirkan kader dari Nagari Alam Pauh Duo dan Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kabupaten Solok Selatan.

Pada hari pertama kegiatan, diawali dengan pembukaan dan sambutan dari perwakilan Camat Pauh Duo yaitu Bapak Rahmadzen. Beliau berharap agar keamanan pangan nagari dapat terlaksana dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat. Sementara itu, Balai Besar POM di Padang, yang diwakilkan oleh Linda Gusri Fadri, SSi, Apt, M.Farm dalam sambutannya menjelaskan bahwa keamanan pangan desa adalah salah satu dari program prioritas nasional.

Dengan menerapkan keamanan pangan, suatu daerah dapat terbebas dari bahan berbahaya pangan, Kegiatan Bimtek Kader ini kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Balai Besar POM di Padang mengenai keamanan pangan, sebagai bekal para kader untuk menyampaikan kepada komunitasnya. Sebelumnya para peserta mengerjakan pre test tentang keamanan pangan. Acara juga diselingi dengan kuis kepada peserta yang hadir untuk mengetahui sejauh mana peserta paham mengenai materi yang telah diberikan.

Untuk hari kedua, setelah peserta mengerjakan post test,  peserta yang dibagi dalam beberapa grup melakukan micro teaching  keamanan pangan. Terlihat peserta menyampaikan materi yang telah diterima hari sebelumnya dengan penuh antusias dan semangat. Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada peraih nilai post test tertinggi dan grup micro teaching terbaik.

Balai Besar POM di Padang

Sarana